Jumat, 08 Februari 2013

LEMBAR KERJA MAHASISWA


Nama Matakuliah            :               Dasar Animasi
Kode Matakuliah             :               DV 204

Topik
Daftar Pertanyaan
Metode Kerja
Evaluasi
Konsep Animasi
1)      Apa itu animasi?
2)      Mengapa disebut animasi?
3)      Kapan animasi muncul?
4)      Mengapa animasi muncul?
5)      Apa ide dasar yang mendasari kemunculan animasi?
6)      Bagaimana cara kerja animasi?
7)      Apa konsep utama yang mendasari terciptanya animasi?
8)      Apa kelebihan animasi dibanding bentuk multimedia yang lain?
9)      Bagaimana cara animasi menyampaikan pesan?
10)   Bagaimana perkembangan animasi di Eropa?
11)   Bagaimana perkembangan animasi di Amerika?
12)   Bagaimana perkembangan animasi di Asia?
13)   Bagaimana perkembangan animasi di Indonesia?
14)   Animasi dapat dikategorikan menjadi apa saja?
15)   Apa dasar pengkategorian animasi tersebut?
16)   Apa itu teknologi 2 dimensi?
17)   Apa itu animasi 2 dimensi?
18)   Mengapa disebut animasi 2 dimensi?
19)   Apa saja contoh animasi 2 dimensi?

Case:
Jelaskan perbedaan style animasi Eropa, Amerika, dan Asia kemudian hal apa yang melatarbelakangi perbedaan style animasi tersebut!
Jelaskan apakah ada kolaborasi antar style tersebut sehingga tercipta sebuah style baru!


1)      Browsing Internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review animasi Amerika “The Simpsons” (Fox, 1989)
4)      Review animasi Eropa “Smurf” (Columbia Pictures & Sony Pictures Animation, 2008)
5)      Review animasi Asia “Doraemon” (Fujiko Prod., 1990)
6)      Review animasi Indonesia “Vatalla Sang Pelindung” (Trans7 prod, 2012)

12 Prinsip Animasi
1)      Apa itu 12 prinsip animasi?
2)      Siapa yang merumuskan 12 prinsip animasi?
3)      Kapan 12 prinsip animasi muncul?
4)      Mengapa 12 prinsip animasi muncul?
5)      Apa itu prinsip squash and stretch?
6)      Apa itu prinsip anticipation?
7)      Apa itu prinsip staging?
8)      Apa itu prinsip straight ahead and pose to pose?
9)      Apa itu prinsip follow through and overlapping action?
10)   Apa itu prinsip slow in and slow out?
11)   Apa itu prinsip archs?
12)   Apa itu prinsip secondary action?
13)   Apa itu prinsip timing?
14)   Apa itu prinsip exaggeration?
15)   Apa itu prinsip solid drawing?
16)   Apa itu prinsip appeal?
17)   Kapan prinsip-prinsip tersebut digunakan?
18)   Apakah seluruh prinsip tersebut harus digunakan dalam pembuatan animasi?
19)   Apakah ada prinsip-prinsip lain di luar 12 prinsip animasi tersebut yang dapat dijadikan acuan dalam pembuatan animasi?

Case:
Lakukan review film animasi 2D “Finding Nemo” dan buatlah list tentang prinsip apa saja yang didapati pada film tersebut! Jelaskan pula apakah ada prinsip-prinsip lain yang digunakan dalam pembuatan animasi tersebut!

1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review film animasi 2D Disney

Animasi Tradisional
1)      Apa yang dimaksud dengan animasi tradisional?
2)      Apa contoh animasi tradisional?
3)      Mengapa disebut dengan animasi tradisional?
4)      Apa saja tipe dari animasi tradisional?
5)      Apa jenis-jenis animasi tradisional?
6)      Bagaimana cara kerja animasi tradisional?

Case:
Bandingkan cara kerja thaumatrope dan zoetrope dalam hal penciptaan animasi!

1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review cara kerja thaumatrope
4)      Review cara kerja zoethrope

Animasi Stop Motion
1)      Apa yang dimaksud animasi stop motion?
2)      Mengapa disebut animasi stop motion?
3)      Bagaimana animasi stop motion diciptakan?
4)      Kapan animasi stop motion mulai ada?
5)      Bagaimana cara kerja animasi stop motion?
6)      Apa yang dimaksud dengan frame?
7)      Bagimana penggunaan frame dalam membuat animasi stop motion?
8)      Apa saja contoh penggunaan animasi stop motion?
9)      Apa bentuk perkembangan dari animasi stop motion?
10)   Bagaimana perkembangan teknologi untuk mendukung animasi stop motion?

Case:
Buatlah claymation dan tentukan komponen apa saja yang mempengaruhi terciptanya animasi stop motion!

1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review iklan e-bay
4)      Membuat claymation
5)      Praktikum membuat animasi dengan teknik frame by frame

Cell Animation
1)      Apa yang dimaksud cell animation?
2)      Mengapa disebut dengan cell animation?
3)      Bagaimana cell animation diciptakan?
4)      Bagaimana cara kerja cell animation?
5)      Apa yang dimaksud dengan layer?
6)      Bagaimana penggunaan layer dalam cell animation?
7)      Apa saja contoh penggunaan cell animation?
8)      Bagaimana perbandingan cell animation dulu dengan sekarang?
9)      Bagaimana perkembangan cell animation?
10)   Bagaimana perkembangan teknologi untuk mendukung cell animation?

Case:
Buatlah cell animation dan tentukan komponen apa saja yang mempengaruhi terciptanya animasi stop motion!

1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review film Spongebob Squarepants
4)      Membuat cell animation menggunakan transparansi
5)      Praktikum membuat animasi memanfaatkan layer

Animasi Komputer
1)      Apa yang dimaksud dengan animasi komputer?
2)      Bagaimana animasi komputer diciptakan?
3)      Kapan animasi komputer mulai ada?
4)      Bagaimana cara kerja animasi komputer?
5)      Konsep dasar apa saja yang digunakan dalam penciptaan animasi komputer?
6)      Animasi komputer dibagi dalam berapa tipe dan jenis?
7)      Apa tipe dan jenis animasi komputer?
8)      Apa saja contoh penggunaan animasi komputer?
9)      Digunakan dalam bidang apa saja animasi komputer itu?
10)   Bagaimana perkembangan animasi komputer?
11)   Bagaimana perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer?
1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Review jurnal
4)      Praktikum membuat animasi memanfaatkan penggabungan frame by frame dan layer

Desain Objek Animasi 2 Dimensi
1)      Bagaimana cara mendesain objek 2 dimensi berbasis vektor?
2)      Apa keuntungan desain objek 2 dimensi berbasis vektor?
3)      Apa kelemahan desain objek 2 dimensi berbasis vektor?
4)      Objek-objek seperti apakah yang cocok untuk didesain berbasis vektor?
5)      Bagaimana cara mendesain objek 2 dimensi berbasis image?
6)      Apa keuntungan desain objek 2 dimensi berbasis image?
7)      Apa kelemahan desain objek 2 dimensi berbasis image?
8)      Objek-objek seperti apakah yang cocok untuk didesain berbasis image?
9)      Apakah button itu?
10)   Apa kegunaan button?
11)   Bagaimana cara kerja button?
12)   Apa sajakah kondisi/state yang dimiliki oleh button?
13)   Apa kegunaan masing-masing kondisi/state tersebut?
14)   Apa saja yang bisa dilakukan oleh button terhadap objek?
15)   Apa movie clip itu?
16)   Apa kegunaan movie clip?
17)   Bagaimana konsep kerja movie clip?
18)   Apa maksud instance dalam movie clip?
19)   Apa saja yang bisa dilakukan dengan movie clip?
20)   Bagaimana melakukan publish project?
1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Praktikum membuat objek dengan tipe graphic, button, dan movieclip

Animasi berbasis Timeline
1)      Apakah yang dimaksud dengan timeline dalam animasi?
2)      Apa satuan yang digunakan dalam timeline?
3)      Komponen apa saja yang ada dalam timeline?
4)      Apa yang dimaksud dengan keyframe?
5)      Apa perbedaan keyframe dengan blank keyframe?
6)      Bagaimana keterkaitan antara layer dan frame dalam sebuah timeline?
7)      Apa yang dimaksud dengan tweening?
8)      Apa fungsi dari tweening dalam animasi?
9)      Bagaimana cara kerja tweening?
10)   Apa saja jenis tweening yang ada?
11)   Apa perbedaan dari jenis tweening yang ada?
12)   Apa yang dimaksud dengan masking?
13)   Apa yang dimaksud dengan masking layer?
14)   Apa fungsi dari masking dalam animasi?
15)   Bagaimana cara kerja masking?
16)   Apa itu movie clip depth level?
17)   Bagaimana keterkaitan timeline antar movie clip?
18)   Bagaimana hubungan layer dan frame dengan movie clip depth level?
1)      Browsing internet
2)      Studi kepustakaan
3)      Praktikum membuat animasi dengan teknik tweening
4)      Praktikum membuat animasi dengan teknik masking
5)      Praktikum membuat animasi dengan movie clip

Action Script 3.0 (1)
1)      Apakah action script itu?
2)      Apa fungsi action script?
3)      Bagaimana action script digunakan?
4)      Bagaimana struktur AS 3.0?
5)      Apa yang dimaksud dengan objek pada AS 3.0?
6)      Apa yang dimaksud dengan class dan function pada AS 3.0?
7)      Bagaimana mekanisme kontrol frame, layer, dan depth level  pada objek dengan AS 3.0?
8)      Pengaturan properties objek yang seperti apa yang dapat dilakukan dengan AS 3.0?
1)      Browsing internet
2)      Studi pustaka
3)      Praktikum pengontrolan objek menggunakan Action Script 3.0

Action Script 3.0 (2)
9)      Bagaimana cara membuat interactive objects dengan AS 3.0?
10)   Bagaimana cara melakukan loading content dengan AS 3.0?
11)   Konten yang seperti apakah yang bisa dikontrol oleh AS 3.0?
12)   Bagaimana cara melakukan internal loading content?
13)   Bagaimana cara melakukan external loading content?
14)   Bagaimana cara melakukan integrasi objek dengan AS 3.0?
15)   Modifier apa saja yang ada dalam AS 3.0?
1)      Browsing internet
2)      Studi pustaka
3)      Praktikum pembuatan interactive object dan integrasi objek menggunakan Action Script 3.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar